KEDISIPLINAN
APEL RUTIN HARI JUM’AT SMKN 1 NGLEGOK
SMKN
1 NGLEGOK merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang terletak di Jl.Penataran
no.1 kec.Nglegok kab.Blitar Jawa Timur. Smk ini memiliki kedisiplinan yang
sangat ketat.Salah satu contoh apel pagi hari jum’at. Apel dilaksanakan jam
07.00 dengan tanda bel berbunyi.Siswa mengikuti apel kelas X,XI,dan kelas XII.
Apel
ini termasuk upacara rutin yang selalu dilaksanakan sebagai ajang kekompakan
antarsiswa dalam berbaris. Akan terlihat barisan mana yang rapi dan tidak rapi
sehingga penekanan apel tetap ada pada kedisiplinan. Bila disiplin itu dapat
ditegakkan maka siswa tidak perlu di
“oyak-oyak” untuk berbaris. Sebelum pelaksanaannya bel berbunyi,siswa haruslah
mempersiapkan diri untuk berbaris dilapangan menurut kelas dan jurusan
membentuk huruf U atau angkare untuk yang menghadap ke Barat barisan kelas X,
yang menghadap ke Utara barisan kelas XI ditambah 4 pleton dari kelas X AK 1,AK
2,PM 1 dan PM 2, dan untuk yang menghadap ke Selatan barisan kelas XII.
Petugas
apel dari siswa mengikuti organisasi
osis yang mereka sudah berlatih. Data yang saya dapatkan dari Adelia Rahayu
kelas X AK 1,nama anak yang menjadi
petugas antara lain sebagai berikut; adi X TKR1 sebagai pemimpin, wisnu
X TKR3 sebagai perwira, kompi 1 lilis setyawati ningsih X AK2,kompi 2 mar’atus
sholikah X AK2,kompi 3 adelia rahayu X AK1,kompi 4 maslina ragil X PM2,kompi
5 monika ,dan kompi
6 ria agustina X JB1.
Pada
pelaksanaan apel rutin tepatnya hari jum’at tanggal 25 Agustus 2017 di SMKN 1
NGLEGOK Pembina apel yaitu bapak Drs. Rudi hariyanto dan siswa yang terlambat
dikumpulkan di depan pos satpam untuk mengikuti apel terlebih dahulu sebelum
diberi pembinaan dari guru piket. Data yang saya dapatkan dari buku BK ,siwa yang terlambat yaitu Deva m XII
TKR1,Udin XII TKR3,M Yusuf XII TKJ2,Valerio XII TKJ3,Saifudin XII TKJ3,Faisal
XII TKJ3,Eka XII TEI1,Bintang XII TEI1,dan Bayu m XII JB1.
Nampaknya,disiplin
memang harus ditegakkan dengan serius dan penuh konsistensi. Siapa saja yang
melanggar harus diberi sanksi. Sanksi yang diberikan itupun haruslah mendidik
tidak berupa kekerasan fisik. Gurupun harus kreatif dalam memberikan sanksi
kepada siswa sehingga menyadarkan pada mereka agar tidak melakukan lagi.
Walaupun hanya apel kita juga belajar menanamkan sifat kedisiplinan,mengajarkan
untuk mengenang jasa pahlawan,mendoakannya yang membuat kita tahu akan
perjuangan para pahlawan dulu serta kita selalu menaati tata tertib yang ada.
STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN
LAPORAN HASIL OBSERVASI
1.STRUKTUR
A.Definisi umum
Paragraf 1 kalimat 1-5
B.Deskripsi bagian
Paragraf
2-4 kalimat 1-2
C.Deskripsi manfaat
Paragraf
5 aklimat 1-3
2.KAIDAH KEBAHASAAN
KATA
BENDA DASN KATA KERJA
NO
|
PARAGRAF/KALIMAT
|
KATA
BENDA
|
KATA
KERJA
|
1.
|
I . 2
|
Memiliki
|
|
2.
|
I . 5
|
Mengikuti
|
|
3.
|
II . 2
|
Barisan
|
|
4.
|
II . 2
|
Penekanan
|
|
5.
|
II . 3
|
Ditegakkan
|
|
6.
|
II . 4
|
Mempersiapkan
|
|
7.
|
II . 4
|
Membentuk
|
|
8.
|
II . 4
|
Menghadap
|
|
9.
|
III . 1
|
Petugas
|
|
10.
|
III . 2
|
Pemimpin
|
|
11.
|
IV . 1
|
Dikumpulkan
|
|
12.
|
V . 1
|
Ditegakkan
|
|
13.
|
V . 4
|
Memberikan
|
|
14.
|
V . 4
|
Menyadarkan
|
|
15.
|
V . 5
|
Menanamkan
|
|
16.
|
V . 5
|
Mengenang
|
|
17.
|
V . 5
|
Menaati
|
KALIMAT
SIMPLEKS DAN KOMPLEKS
NO
|
PARAGRAF/KALIMAT
|
KALIMA SIMPLEKS
|
KALIMAT KOMPLEKS
|
1.
|
I
. 2
|
SMK ini memiliki…..
|
|
2.
|
I
. 3
|
Salah satu contoh apel…..
|
|
3.
|
II
. 1
|
Apel ini termasuk …..
|
|
4.
|
III
. 1
|
Petugas apel dari siswa…..
|
|
5.
|
IV
. 1
|
Pada pelaksanaan…..
|
|
6.
|
V
. 1
|
Nampaknya, disiplin memang…..
|
|
7.
|
V
. 3
|
Sanksi yang diberikan…..
|
NB: Teks hasil observasi diatas sesuai dengan pengamatan. dan teks diatas tidak luput dari kata sempurna.